Rabu, 07 Mei 2014

SURAT LAMARAN KERJA



1. pengertian surat lamaran kerja
    surat lamaran kerja adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan (pelamar) yang dikirimkan kepada badan usaha atau intansi guna mendapatkan pekerjaan atau jabatan sesuai dengan lowongan pekerjaan/jabatan yang ditawarkan.

surat lamaran pekerjaan dapat dibuat dengan dua cara yaitu:
  • surat lamaran kerja digabungkan dengan daftar riwayat hidup ( curicullum vitae)
  • surat lamaran kerja dipisahkan dengan dftar riwayat hidup.
2. persyaratan menulis surat lamaran pekerjaan
  • harus dibuat oleh si pelamar pada kertas berkualitas baik dan bergaris agar rapi dan menggunkan tinta hitam.
  • surat yang diketik harus diatas kertas yang berkualitas baik ( minimal HVS 60 gram ) dengan jarak pengetikan 1 1/2 spasi.
  • tidak boleh kotor, tidak boleh ada coretan dan koreksian.
  • isi surat lamaran harus menggambarkan sikap opotimis bahwa pelamar akan mampu bekerja dengan baik,
  • isi surat lamaran tidak boleh bernada memelas atau minta dikasihani.
  • sapaan yang digunakan dalam surat lamaran:
          - Bapak/ibu digunakan kepada intansi pemerintah atau perusahaan swasta asing.
          - Tuan digunakan kepada perusahaan swasta asing.

3. hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja:
  • data pribadi melamar yang meliputi:
           - nama lengkap.
           - tempat / tanggal lahir.
           - status perkawinan.
           - alamat.
  • pendidikan yang meliputi:
          - pendidikan formal, misalnya SD, SMP, SMA, akademi atau universitas.
          - pendidikan informal, yaitu kursus-kursus yang pernah diiut.
  • jika telah memiliki pengalam kerja, catumkan dalam surat lamaran, apakah pengalaman kerja yang sejenis dengan jabatan yang dilamarnya atau pengalaman kerja dibidang lain. jika belum pernah bekerja sebaiknya menyebutkan kemampuannya untuk jabatan yang dilamarnya berdasarkan yang dimilikinya.

4. lampiran surat lamaran kerja:
  • daftar riwayat hidup.
  • fotocopy ijazah terakhir.
  • surat keterangan kesehatan.
  • surat keterang berkelakuan baik.
  • surat keterangan catatan kepolisian.
  • fotocopy sertifikat kursus keterampilan ( bila ada )
  • pas foto terakhir.

5. daftar riwayat hidup
  • data pribadi
          - nama
          - tempat/ tanggal lahir
          - status perkawinan
          - alamat
  • riwayat pendidikan
          - formal
          - informal
  • pengalaman kerja.
  • keterangan lain.
  • referensi.
6. referensi
     referensi adalah keterangan  dari orang-orang tertentu tentang diri pelamar orang yang dapat dijadikan referensi adalah mantan atasan/manatan dosen/guru/teman dekat(kolega). referensi berisi tentang siapa si pelamar. referensi yang paling baik adalah " orang dalam " ( karyawan kantor yang dilamar ).


sekian, semoga bermanfaat:))))))

0 komentar:

Posting Komentar

 

As Simple As Water Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang