Sekretaris adalah sebuah profesi administratif
yang bersifat asisten atau mendukung. Gelar ini merujuk kepada sebuah
pekerja kantor yang tugasnya ialah melaksanakan perkerjaan rutin,
tugas-tugas administratif, atau tugas-tugas pribadi dari atasannya.
Pekerja atau karyawan ini biasanya melakukan tugas-tugas seperti mengetik, penggunaan komputer, dan pengaturan agenda. Mereka biasanya bekerja di belakang meja. Sebagian besar sekretaris adalah wanita.
Di dunia kerja saat ini ada lagi profesi yang merupakan perkembangan dari sekretaris yaitu asisten pribadi (PA atau Personal Assistant).
Perbedaan dari PA dan sekretaris adalah PA lebih bertanggung jawab
untuk satu orang saja, dalam hal ini eksekutif atau bos yang
mempekerjakan dirinya. Sedangkan sekretaris lebih bertanggung jawab
kepada perusahaan secara umum.
Namun di beberapa perusahaan, tentu saja hampir tidak ada perbedaan
di antara sekretaris dan PA. Seperti contohnya di Indonesia, umumnya
sudah menjadi kebiasaan bila sekretaris kadang juga membantu hal-hal
personal dari si bos yang berhubungan dengan kerja. Lain halnya misalnya
di Hongkong contohnya di mana dunia kerja di sana lebih profesional.
Perbedaan antara PA dan sekretaris ini sangat kentara.
Sekretaris identik pula dengan mode dan gaya dalam berbusana ke
kantor. Sudah menjadi rahasia umum bila sekretaris mempunyai tampilan
yang menarik sebagai citra dari atasan yang diwakilinya.
sumber : wikipedia
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar